Kamis, 05 Agustus 2010

Taman Pendidikan Al Quran (TPA)

Santri dan Pengajar TPA PBrunswick
Banyaknya pelajar muslim Indonesia yang sedang belajar di Melbourne telah memberikan warna tersendiri bagi komunitas muslim di Brunswick. Sebagian  pelajar tersebut turut serta membawa keluarganya karena rentang studi yang lumayan lama. Dengan adanya anak-anak yang mengikuti orang tuanya semasa studi maka diperlukan usaha pembinaan ke-Islaman bagi anak-anak.

Dengan inisiatif bersama maka setiap hari sabtu, para ibu-ibu dan  pelajar muslim Indonesia berkumpul untuk bersama-sama membina ke-Islaman anak-anak dalam wadah  TPA P. Brunswick.  Nama TPA sendiri adalah sesuatu yang unik agar anak-anak tetap merasa memiliki nuansa keindonesiaan. Sedang nama P.Brunswick melekat karena TPA mempunyai jalinan yang sangat erat dengan Pengajian Brunswick dan berusaha selalu menjalin komunikasi dan kerjasama dengan pengajian Brunswick dimana anggotanya bukan hanya yang sudah berkeluarga, tetapi seluruh pelajar muslim Indonesia di Brunswick.

Di samping itu, TPA PBrunswick juga berusaha menjalin shilaturahmi dengan TPA lain yang ada di Melbourne seperti TPA PFootscray dan TPA Madrasah Westall.
Keterlibatan para pelajar yang belum berkeluarga maupun yang belum memiliki anak memberi manfaat pada kedua belah pihak, di satu sisi TPA sangat terbantu dalam masalah teknis pengajaran TPA, di sisi yang lain mereka yang memiliki minat pada pembinaan anak-anak bisa melatih keterampilannya untuk berinteraksi dengan anak-anak TPA

Saat ini ada sekitar 25 anak yang aktif mengikuti kegiatan TPA, dan terbagi dalam 2 kelompok besar kinder –pre group  dan  kelompok grade 1 sampai grade 3 primary school.

Kegiatan utama TPA adalah berinteraksi dengan Al-Qur’an dengan mempelajari  Iqro dan Al Qur’an, mengenal dasar-dasar agama Islam, seni dan kreativitas serta permainan outdoor.

Pada masa sebelumnya, TPA PBrunswick bertempat di rumah- rumah para pelajar muslim Indonesia.  Karena status tinggal para pelajar yang temporary, maka tempat pelaksanaan TPA juga sering berganti. secara bergantian. Alhamdulillah dengan tersedianya tempat di “Surau Kita” kegiatan TPA lebih semarak dan insya Allah usaha untuk bisa menghasilkan generasi Anak Sholeh yang berwawasan global pembawa cahaya Islam akan dapat dimenej dengan  lebih baik

Apabila anda berminat untuk bergabung dengan TPA PBrunswick, dipersilakan langsung datang ke “Surau Kita”  yang berlokasi di 36-40 Barrow St Coburg, setiap hari Sabtu Jam 10.00 – 12.00. Untuk informasi lebih lanjut mengenai TPA dapat menghubungi Qanitah Masykuroh (Itha) di  0433755702.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar