Kamis, 17 Mei 2012

[FRESH] RSBI: Rintisan Sekolah Bertaraf International atau cuma "Bertarif" International?

Salam,

Kehebohan Peringatan Hari Buruh setiap tanggal 1 Mei seringkali membuat kita lupa peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei. Untuk itu, FRESH (Friday Enlighten Share) Edisi Mei ini akan membahas topik tentang pendidikan nasional. Sebagaimana kita ketahui bersama, salah satu terobosan yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan Nasional dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan adalah dididirikannya Rintisan Sekolah Bertaraf International (RSBI) dari pusat hingga daerah.  Melalui Sekolah Bertaraf Internasional, diharapkan akan lahir putera-puteri bangsa Indonesia yang mumpuni, baik dari sisi intelektual, emosional, dan spiritualnya, sehingga bisa turut serta bersaing, dan bisa mempengaruhi arah globalisasi menuju masyarakat dunia yang beradab.

Namun demikian, di berbagai media kita juga ketahui banyak pihak yang mempertanyakan efektifitas program RSBI ini. Benarkah program yang diajarkan dalam sekolah ini sudah bertaraf internasional, atau jangan-jangan hanya "tarif" alias biaya-nya saja yang setara dengan sekolah internasional? 

Untuk mengupas masalah ini, Insya Allah kita diskusi ringan FRESH akan menghadirkan narasumber Sdr. Sultan Baa. Beliau adalah staf pengajar dari Universitas Negeri Makasar yang tengah menempuh PhD di Victoria University. Mengingat riset yang dilakukan terkait dengan implementasi RSBI di Sulawesi Selatan, kita akan mintakan pencerahan dari beliau khususnya mengenai apa itu RSBI, apa latar belakang dan tujuan pendirian RSBI, sejauh mana perkembangan RSBI di tanah air hingga saat ini, serta kelebihan dan kekurangan program ini dibanding sekolah "biasa".

Catat waktunya, Jumat 18 Mei 2012, pukul 6pm s.d. 7pm bertempat di Surau Kita 12/9 Dawson Street, North Coburg
Acara ini gratis dan terbuka untuk umum, rekans yang non-muslim pun silahkan datang jika berminat.

Note: FRESH (Friday Enlighten Share) adalah forum diskusi ringan bulanan yang akan membahas topik-topik umum yang aktual serta topik riset rekans yang sedang menempuh pendidikan di Melbourne Victoria. Jika anda berminat untuk men-share pengetahuan dalam forum ini atau ada usulan topik yg ingin dibahas, silahkan kontak kangdeni<at>yahoo.com 

Wassalam
a.n. Pengurus Surau Kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar